Senin, 29 Desember 2008

Blog Itu Apa Shi?

Itu pertanyaan yang seringkali muncul dalam benak kita. Bahkan ada beberapa dari kita yang sudah mulai rajin nge-blog pun masih belum tahu definisi blog. Ya memang shi, itu sebenarnya tidak terlalu penting. Apakah terlalu bermasalah jika tidak mengetahui definisi 'makan'? Padahal itu adalah kegiatan yang tiap hari pasti kita lakukan, kecuali kalo kepingin cepat-cepat tamasya ke alam kubur.. :D

Akan tetapi, gak ada salahnya khan kalo kita sedikit mengenal arti blog itu sendiri supaya kita lebih menjiwai kegiatan ngeblog kita. Ciyeeee..

Okey, menurut Om Wikipedia, blog adalah:
A blog (a contraction of the term "Web log") is a Web site, usually maintained by an individual with regular entries of commentary, descriptions of events, or other material such as graphics or video. Entries are commonly displayed in reverse-chronological order. "Blog" can also be used as a verb, meaning to maintain or add content to a blog.
atau terjemahan bebasnya adalah:
Blog (kependekan dari istilah "Web log") adalah sebuah website yang biasanya dikelola oleh individu yang berisi catatan atau ulasan yang diperbaharui secara teratur, penggambaran peristiwa, atau materi-materi lain seperti grafik atau video. Isi dari blog biasanya ditampaikan dengan urutan kronologis terbalik (dari isi terkini terbaru ke isi terlama). "Blog" bisa juga digunakan sebagai kata kerja yang berarti mengelola atau menambah isi kedalam blog atau istilah populernya ngeblog.
Kebanyakan, blog mengulas atau memberitakan suatu topik tertentu secara teratur sehingga blog bisa juga dianggap sebagai diary on-line. Selain itu, isi blog biasanya dilengkapi dengan tanggal dan waktu publikasi posting-nya sehingga blog bersifat lebih dinamis Inilah yang membuat blog menjadi menarik, karena kita tahu apakah isinya masih relevan untuk saat tulisan tersebut dibaca ataukah tidak. Kita juga bisa tahu urutan kronologis penulisannnya, meskipun ada beberapa blog yang dengan suatu alasan tertentu memang tidak menampilkan tanggal publikasi posting-nya.

Meskipun kebanyakan blog berupa ulasan tektual, ada beberapa jenis blog yang memfokuskan diri pada bidang-bidang lain, misalnya:
  1. seni (artlog),
  2. fotografi (photoblog),
  3. sketsa (sketchblog),
  4. video (vlog),
  5. musik (MP3 blog), dan
  6. audio (podcasting)
yang merupakan bagian dari jejaring sosial yang lebih luas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, pertanyaan atau kritik membangun. Untuk mengindari spamkomentar akan kami moderasi, jadi harap bersabar apabila komentar anda belum muncul.