Sabtu, 14 Februari 2009

Cara Membuat Account Gmail

“Saya ingin belajar membuat blog, kenapa saya harus membuat akun Gmail?”
Mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak anda saat ini.

Tenang saja, kita tidak keluar topik kok.. Kira-kira begini penjelasannya..
Selain sebagai salah satu search engine yang andal saat ini Google mempunyai banyak layanan yang sangat menarik dan bermanfaat yang terangkum dalam Google Accounts . Salah satunya yaitu Blogger sehingga untuk membuat akun Blogger kita dipersyaratkan untuk mempunyai Google Account. Untuk membuat Google Account kita harus memiliki akun Gmail, sehingga apabila kita belum mempunyai akun Gmail, kita dipersyaratkan untuk membuatnya terlebih dahulu.

Jika anda sudah memiliki akun Gmail, anda bisa melewatkan tutorial ini dan langsung ke tutorial selanjutnya.

Cara membuat atau mendaftar Gmail adalah sebagai berikut:
Bukalah halaman resmi Gmail di http://mail.google.com lalu klik tombol Sign Up ke Gmail atau langsung ke halaman pendaftaran di http://mail.google.com/mail/signup.

Tampilannya kira-kira seperti ini:
cara membuat Gmail
Apabila anda tidak familiar dengan bahasa yang digunakan, gantilah bahasa di kolom Change Language bagian kanan atas halaman sesuai dengan jenis bahasa yang nyaman menurut anda.

Selanjutnya..
  • Isilah kolom Nama Depan dengan nama depan anda.
  • Isilah kolom Nama Belakang dengan nama depan belakang anda.
  • Isilah Nama Login Yang Diinginkan dengan nama yang ingin anda gunakan sebagai alamat email. Untuk memastikan apakah nama login tersebut belum digunakan oleh orang lain, klik tombol cek ketersediaan!
  • Apabila nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain, Gmail akan memberikan alternatif pilihan nama sesuai dengan Nama Depan dan Nama Belakang anda. Anda bisa memilih salah satunya atau anda bisa mencoba alternatif nama login yang lain dan meng-klik lagi tombol cek ketersediaan!. Begitu seterusnya hingga anda menemukan nama login yang sesuai dengan keinginan anda.
  • Isilah kolom Buat Sandi dengan sandi yang anda inginkan. Minimal 8 karakter. Usahakan anda menggunakan kata sandi yang mudah diingat tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain. Bisa berupa gabungan angka, huruf dan karakter lain.
  • Isilah kolom Masukan kembali sandi dengan kata sandi yang tepat sama dengan isian anda pada kolom Buat Sandi
  • Pilihlah salah satu Pertanyaan Rahasia yang ingin anda gunakan untuk mengingatkan kembali jika suatu saat anda lupa kata sandi anda.
  • Isilah kolom Jawaban dengan jawaban dari pertanyaan yang anda pilih.
  • Isilah kolom Email Sekunder dengan alamat email anda yang lain. Alamat email ini digunakan untuk autentikasi accound anda jika suatu saat anda mengalami masalah atau lupa kata sandi (password) anda. Jika anda belum mempunyai alamat email yang lain, kolom ini boleh dikosongkan.
  • Isilah kolom Lokasi dengan lokasi anda saat ini dengan memilih dari daftar yang tersedia dengan mengklik tanda panah kebawah.
  • Isilah kolom Verifikasi Kata dengan karakter yang terdapat pada gambar diatasnya.
  • Bacalah Persyaratan Layanan untuk mengetahui secara detil perjanjian anda dengan pihak Gmail untuk membuat account Gmail.
  • Apabila anda setuju dengan persyaratan layanan dan juga Kebijakan Program dan Kebijakan Privasi, anda bisa mengklik tombol Saya menerima. Buat akunku.

1 komentar:

  1. Gmail memang account email gratis yang paling powerful sekarang ini.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar, pertanyaan atau kritik membangun. Untuk mengindari spamkomentar akan kami moderasi, jadi harap bersabar apabila komentar anda belum muncul.