Kamis, 12 Februari 2009

Seri Tutorial Blog untuk Pemula

Hal yang seringkali menghambat orang untuk memulai sesuatu yang baru adalah seringkali kita tidak tahu darimana kita harus memulainya. Demikian juga dengan kegiatan blogging atau istilah gaulnya ngeblog, banyak yang tidak harus mulai darimana, pengetahuan apa yang perlu dipelajari dan darimana kita belajar.
Menurut pengalaman Loephy, yang utama adalah niat dan tekad kita untuk melakukan sesuatu yang baru tersebut. Seperti kata orang bijak, "pada saat kita siap belajar, guru akan datang sendiri." Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk takut memulai sesuatu yang baru.

Sebenarnya sudah banyak tutorial-tutorial blog yang bisa kita temukan di internet maupun dalam bentuk buku yang bisa kita beli di toko buku, tapi tidak ada salahnya kalau Loephy sedikit sharing pengalaman belajar blog yang sudah, sedang dan akan Loephy pelajari dengan membuat seri tutorial blog untuk pemula ini.

Seri Tutorial Blog untuk Pemula:
  1. Definisi Blog
  2. Sekilas tentang Software Blog
  3. Cara membuat account Gmail
  4. Cara membuat blog di Blogger
  5. Cara membuat posting
  6. Cara menambahkan gambar pada posting
  7. Cara menambahkan video pada posting
  8. Cara membuat hyperlink (tautan)
  9. Cara mengatur blog (setting blog)
  10. Cara mengganti template

Itulah pengetahuan dasar yang diperlukan untuk membuat blog.

Apabila apa yang anda cari belum ada di daftar tersebut, mungkin anda bisa menemukannya di Seri Tutorial Berikutnya yaitu Seri Tutorial Blog Tingkat Menengah dan Seri Tutorial Blog Tingkat Lanjut (Advance) yang akan kami berikan pada posting-posting selanjutnya setelah Seri Tutorial Blog untuk Pemula ini selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, pertanyaan atau kritik membangun. Untuk mengindari spamkomentar akan kami moderasi, jadi harap bersabar apabila komentar anda belum muncul.