Sabtu, 14 Februari 2009

Sekilas Tentang Gmail


Gmail adalah sebuah layanan webmail gratis yang mengkombinasikan fitur terbaik email tradisional dengan teknologi pencarian Google. Menurut Pusat Bantuan Gmail, ada 10 alasan memilih Gmail, yaitu:
  1. Gmail mampu memblokir spam sebelum email spam tersebut masuk ke inbox.
  2. Gmail mempunyai fasilitas pencarian di dalam Gmail..
  3. Gmail menyusun balasan email menjadi percakapan.
  4. Gmail mempunyai fasilitas Built-in chat: teks, suara atau video
  5. Gmail mempunyai fasilitas untuk mengorganisasi Gmail dengan lebih mudah dengan label, filter, dan bintang.
  6. Gmail bisa diakses melalui perangkat mobile, misalnya, handphone.
  7. Gmail mempunyai fasilitas penyimpanan yang sangat besar. Minimal 5 GB.
  8. Gmail tidak menampilkan iklan-iklan berbentuk banner atau pop-up akan tetapi menampilkan iklan yang berbentuk teks dan link-link yang berkaitan yang menarik dan sangat berguna.
  9. Gmail menghemat waktu dengan adanya fasilitas quick contatct dan shortcut keyboard.
  10. Dan yang paling menarik, semua layanan itu gratis.
Selain kelebihan dan fasilitas diatas, ada banyak fasilitas lain yang membuat Gmail semakin menarik. Diantaranya yaitu fasilitas Forward dan POP/IMAP.

Forward adalah fasilitas yang memungkinkan kita untuk mengalihkan email yang masuk ke akun Gmail kita secara otomatis ke akun email kita yang lain, baik akun Gmail atau akun yang email yang lain seperti Yahoo! Mail, Hotmail, dan sebagainya.

Sedangkan fasilitas POP/IMAP adalah fasilitas yang memungkinkan kita untuk menggunakan email client atau perangkat nirkabel (wireless device) yang didukung untuk mendownload pesan dari account Gmail kita sehingga kita bisa tetap membuka/membaca email yang sudah kita download tersebut langsung di komputer kita meskipun kita sedang offline.

Email client yang didukung oleh Gmail diantaranya adalah: Apple Mail 3.0, Outlook Express, Outlook 2002, Outlook 2003, Outlook 2007, Thunderbird 2.0, Windows Mail, dan lain-lain. Sedangkan perangkat nirkabel (wireless device) yang didukung antara lain adalah: BlackBerry® Internet Service dan iPhone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar, pertanyaan atau kritik membangun. Untuk mengindari spamkomentar akan kami moderasi, jadi harap bersabar apabila komentar anda belum muncul.